Earth Hour : Matikan Lampu Tanggal 27 Maret 2010


Earth hour pada tahun ini akan jatuh pada tanggal 27 Maret 2010. Apa itu Earth Hour? Earth Hour adalah gerakan mendunia untuk mengurangi global warming dengan cara mematikan lampu selama satu jam secara bersamaan. Nah, untuk tahun ini Earth Hour jatuh pada tanggal 27 Maret. Biasanya dilakukan pada akhir pekan bulan maret pada jam 20.30 – 21.30 waktu setempat.

Gerakan Earth Hour ini sendiri bukan merupakan aksi yang pertama. Sebelumnya, WWF bersama Pemprov DKI Jakarta telah mengadakan program 60 Earth Hour 2009. Program tersebut pun telah terbukti berjalan efektif karena berhasil mengajak 10 persen penduduk Jakarta untuk mematikan lampu serempak dan telah berdampak pula pada pengurangan konsumsi energi listrik di Jakarta sebesar 50 megawatt pada 2009.

Kampanye Earth Hour ini awalnya digagas oleh World Wild Fund (WWF). Kampanye ini bertujuan untuk mengajak setiap individu, pelaku bisnis, pemerintah dan sektor publik lainnya di seluruh dunia berpartisipasi mematikan lampu selama 1 jam. Tindakan ini kecil dan mudah namun membawa perubahan besar yang lebih baik jika dilakukan bersama-sama.

Earth Hour digagas pada 2004 ketika WWF Australia dan agen periklanan, Leo Burnett Australia mendiskusikan tentang isu perubahan iklim.Kampanye Earth Hour berlanjut dan dikuti oleh negara-negara dunia pada tahun berikutnya. Pada 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampu dan jumlahnya bertambah pada 2009 menjadi ratusan juta orang di 88 negara. Earth Hour 2009 dinobatkan sebagai gerakan lingkungan terbesar dalam sejarah. Per tanggal 17 Maret 2010, 107 negara dan 1733 kota telah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti kampanye Earth Hour. Ditargetkan lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia mematikan lampu pada hari sabtu, tanggal 27 Maret 2010 pukul 20.30-21.30 (waktu setempat).

Lalu pada tahun 2010 Indonesia sebagai negara terbesar ketiga penyumbang emisi gas rumah kaca di dunia menyelenggarakan Earth Hour kedua kalinya. Seperti tahun lalu, Earth Hour 2010 difokuskan di Jakarta karena konsumsi energi terbesar berada di pulau Jawa dan Bali.

Beberapa hari belakangan pun iklan tentang kampanye Earth Hour sudah banyak ditayangkan di media televisi.

Nah…lalu yang membuatnya  cukup menarik sehingga akhirnya saya membuat review tentang Earth Hour ini adalah karena 27 Maret itu adalah hari kelahiran saya, seorang gadis yang baik hati dan gemar menabung.. Keren kan, dirayain sedunia. Hhehe…

Kalau mau lihat Earth Hour 2010 official video klik ini

sumber : http://www.earthhour.org http://www.earthhour.wwf.or.id/ http://www.wikimu.com

Advertisements

One thought on “Earth Hour : Matikan Lampu Tanggal 27 Maret 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s