IbuProf: Manajemen Keuangan


Reblog ya Ning,

heningbanget

Intermezzo…

“Hidup itu seperti naik sepeda. Saat kita terengah2, perlu tenaga besar, maka kita sedang dalam perjalanan naik. Tapi kalau hidup kita datar aja, ga perlu energi besar tapi tetap berjalan, maka kita sedang dalam perjalanan turun. Karena itu, temukan gunung lain untuk ditanjaki!”
-Bu Septi

*Aaaaa jleb!

Manajemen Keuangan Keluarga

1. Arus Kas

  • Penghasilan: Gaji, Bonus, Lain-lain
  • Pengeluaran: masing2 dibuat kolom bulanan dan tahunan; pengeluaran rutin bulanan, pengeluaran tidak rutin bulanan (masuk tahunan)
  • Surplus/Defisit

arus kas arus kas

pos pengeluaran contoh arus kas

Anak yg terbiasa makan steril, ketika makan di luar nanti dia gak biasa. Kalo Bu Septi sesekali ngasih makanan gak steril, itu utk kekebalan tubuhnya juga. Harus dilatih, tp gak jadi kebiasaan. Harus dilatih untuk tidak punya uang. Kalau punya uang terus, bisa demam kalo gak punya uang 😀 karena imun tubuh tidak terbangun, pikiran kt terbiasa enak. Nah yang punya penghasilan bulanan, dan urusan keuangan longgar, maka buatlah diri terdesak, buat…

View original post 741 more words

Amal Ibadah saat Haid


alhamdulillah, paasss bener nih ning hehe (you know what I mean, yes?). So I reblog this ‘kay? Jazaks ning. Btw, itu ceritanya tangan yang gambar tangan perempuan ya?

heningbanget

Video ini bagus banget lho kawan2! Menjelaskan tentang amal ibadah apa sih yang bisa dilakukan Muslimah kalau lagi haid. Ilustrasinya juga cakep banget, jadi gak bosen nyimaknya. Sebelum video ini, ada video pertama yang menjelaskan tentang kedudukan wanita haid dalam Islam dan di luar Islam.

Pertama tentang amal ibadah apa yang bisa dilakukan. Jawabannya, yang paling utama adalah dzikir. Ternyata dzikir itu banyak pahalanya, padahal kayak yang remeh gitu ya, cuma ngomong aja. Tapi yang namanya dzikir mah harusnya pake hati juga ya 🙂 Dzikir bisa dilakukan di banyak waktu: pagi, sore, sebelum tidur, bangun tidur, sebelum makan, sesudah makan, dst. Selain itu, banyak amal lainnya, seperti belajar, baca buku, do’a, shalawat, dll.

Pertanyaan selanjutnya, bolehkah membaca Qur’an saat haid? Secara singkat dalam video ini dijelaskan, para ulama tidak ada perbedaan pandangan kalau membacanya itu dalam hati. Tapi kalau membaca dengan lisan (reciting), itu ada 2 pandangan: satu membolehkan…

View original post 253 more words

Tanya Jawab Seputar Hisab Rukyat dan Upaya Penyatuan Kalender Islam


******************** Dokumentasi T. Djamaluddin ******************** ======================================================== _____ Berbagi ilmu untuk pencerahan dan inspirasi _____

T. Djamaluddin

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, LAPAN

Anggota Badan Hisab Rukyat, Kementerian Agama

Astronomi Memberi Solusi Penyatuan Ummat

Pengantar: Ada pertanyaan publik dan mahasiswa pascasarjana via FB atau e-mail yang mungkin juga menjadi pertanyaan banyak orang. Berikut ini jawaban saya:

 

T: Mengapa secara astronomis bulan baru dimulai ketika terjadi ijtima’?

J: Ijtimak/newmoon sering juga disebut bulan mati secara astronomis dianggap sebagai bulan baru karena saat itulah bermulanya siklus sinodis, yaitu siklus bulan mati, sabit, setengah lingkaran, purnama, setelah lingkaran, kembali sabit, kemudian kembali bulan mati (siklus yang disebut juga di QS 36:39).

 

T: Argumentasi apa para ahli fiqh dan falak menolak kesimpulan astronomis (bulan baru dimulai ketika terjadi ijtima’)?

J: Konsep ijtimak/newmoon baru muncul setelah berkembangnya hisab. Rukyat yang dipraktekkan Rasul dan ummat Islam generasi awal hanya mengenal awal bulan setelah terlihatnya hilal. Jadi ahli fikih dan pakar falak/astronomi tinggal melanjutkan konsep hilal itu, karena secara hisab pun bisa disesuaikan.

T:…

View original post 1,561 more words

Little tips on memorizing Qur’an


I just follow this blog couple seconds ago. Alhamdulillah, I found this nicee article. Then I reblog here. *it’s about thrice I use reblog hehe

Abdan Syakura

For the millionth time, I want to say how I am grateful to be a Muslim. For me, living under the guidance of Allah through Qur’an is just incomparable. Woe on me if I don’t follow Allah’s guidance.

Lately, alhamdulillah, Allah has made me really enjoying memorizing Qur’an, and alhamdulillah, He made it easy for me, as He promised. So I would to tell the secret =)

I think, the best way to memorize Qur’an, for the non-arabic speaker like us, is to memorize it along with reading its tafsir. The best one that I’ve used is tafsir fi dzilalil Qur’an by Sayyid Quthub. When we’re memorizing Qur’an along with reading its tafsir, it will not only make us understand word-by-word of what we’re memorizing, but we’ll also be able to dive into the beauty of Allah’s words and understand His great-beautiful message.

Not a long ago, I was kind of…

View original post 117 more words

Nice Meeting You Again


Alhamdulillah,

Woah, sudah lama banget saya gak nulas nulis di blog. Where have you been? Right here.

Cuma kadang mood nulis easy come easy go.  Dan saya bukan tipe penulis yang think the topic until pain on the neck. Jadi intinya terserah serah saya lah ..hegheg.

Pagi ini, bis yang saya naiki nabrak mobil avanza hitam. Kebetulan saya duduk di belakang, jadi saya gak lihat persis kejadiannya. Akan tetapi cukup jelas mendengar adu mulut sopir bis & kondektur dengan polisi serta pengemudi avanza. Singkat cerita, polisi di ruas jalan rawa panjang sambil bertelak pinggang dengan mata memerah ngomel2 dengan suara kenceng, di tangan kanannya ada HT di pegang dekat dengan mulutnya. Pak polisi berniat menahan bis dan memanggil teman2 polisi lainnya, lalu apa respon penumpang bis? jangan ditanya lagi, otomatis para penumpang gak terima. Kenapa? ya karena jam sudah menunjukkan waktu semakin siang dan hari ini adalah hari SENIN (sampe di bold+capslock..haha). Pasalnya, di antara pengemudi avanza dan sopir bis sudah berdamai. Namun entah mengapa Pak Polisi seakan mau menunjukkan kuasanya sebagai raja jalanan. Apa reaksi penumpang bis? jangan ditanya, tanpa dikomandoi kata kata serapah berbunyi bunyi dari dalam bis yang sumpek (karena penuhnya).

Oke, sebetulnya saya hendak naik bis yang sebelum bis ini, namun takdir mempertemukan saya dengan bis ini. Saya sudah berlari lari kecil sambil terkaget-kaget waktu mengejar bis yang sebelumnya. Kaget karena mendapati sepatu kanan saya sobek :o. Kaget yang kedua adalah ternyata usaha lari saya agaknya sia sia karena bis nya sudah penuh semua kursinya. Maka turun lah lagi saya, hendak naik bis yang selanjutnya demi mendapat tempat duduk. Dan qadarullah saya naik bis yang menabrak avanza tadi.

Nah, terus apa sih main purpose  dari postingan kali ini?

Jadi, saya sering merenungkan diri sendiri, kira-kira kenapa saya berangkat kok siang amat.., lalu sepatu saya sobek.., eh terus bis pun mengalami tabrakan kecil… Continue reading

Don’t Complimenting


I don’t know since when this happens. And it happens more recently. Some of my friends said that I’m naive girl. Umm.. I don’t know whether it’s right or not. Well, let others think like that. The thing that you should know is that please don’t complimenting me, please not to please me. I am afraid that I would fall in your charm. Simply because of I am a naive girl.

Friend Status


Helloo,

It’s been long time not to see you.

I rarely write in English. But this time, let me write in English. I suddenly want to share one of my friend’s status. it said:

“Mother of Musa had to let go of what she loves. But what you give up for God’s never lost. He returns it just as He returned Musa his mother”

It is nice (in my opinion). Well that’s all the things that I want to share to you. :p hehe. See you soon.

Time flies like rocket


Bismillahirrohmanirrohim,

Waktu cepat sekali melaju. Dua bulan kurang dari sekarang, saya, kamu dan kita semua insyaAllah akan bertemu dengan Ramadhan yang dirindukan. Kalau saya, yang sangat melekat dengan Bulan Ramadhan adalah Al Qur’an, selain ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Saya senantiasa memperbarui dan merawat azzam saya untuk belajar Al Qur’an. Berusaha istiqomah, sederhananya begitu.

Ada begitu banyak riwayat (Al Qur’an & Hadist) yang menyebutkan tentang keutamaan belajar, membaca, menghafalkan dan mengajarkan Al Qur’an.

Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari al-Qur`an dan mengajarkannya. HR. Al-Bukhari.

Ingin Ramadhan kita selanjutnya lebih baik? maka mari kita persiapkan semuanya. Ya, semuanya. Persiapkan dan upayakanlah semampu kita, lebih baik lagi semaksimal usaha kita.

Biidznillah. Semoga kita dikaruniakan hadiah perjumpaan dengan Allah azza wa jalla suatu saat kelak. Aamiin.

 

Mengejar Allah bareng-bareng emang enak

25 Mei 2012

Hari ini hari Jum’at


Emang kenapa kalau hari Jumat? Apa menariknya hari jumat sih?

Hari terakhir kerja ya? (selidik para karyawan). Kalau gitu besok aku libur (jawab anak sekolah). Tahun baruan donk, besok kan libur panjang (jawab yang lainnya). Ngomong-ngomong tahukah anda bahwa hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi kaum muslim? Ya, salah satunya karena ada ibadah sholat Jumat. Selain hari istimewa, Jumat juga menjadi hari yang cukup bersejarah bagi muslimin. Tapi, kali ini saya tak hendak bercerita letak “bersejarah”-nya itu.. maaf yaa :p

Berapa banyak diantara kita yang tahu mengenai keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at? Oke, tak usah dijawab keras-keras. Pasti belum banyak yang tahu kan? (sotoy mode on) Continue reading

Pak Taufik Ismail dan Hafalan Puisinya


Scene: Dalam salah satu segmen acara Humaniora Islamic Festival yang diselenggarakan oleh fakultas ilmu budaya Universitas Indonesia (jumat, 29 Desember 2011).

Ibnu W (Pembicara 2) : “…. Pak Taufik, nanti bisa bapak bacakan puisi Sajadah Panjang?”

Taufik Ismail (Pembicara 1) : Mengangguk

Moderator : bla-bla-bla

Taufik Ismail (Pembicara 1) : ada sajadah panjang terbentang, dari kaki buaian, sampai ke tepi kuburan hamba, kuburan hamba bila mati, ada sajadah panjang terbentang ….. (hening) saya lupa

Sontak beberapa hadirin memberikan senyum tawa pada sosok pujangga besar yang usianya sudah senja itu. Maka sang moderator pun bertanya, bagaimana mungkin sang penyair bisa tidak hafal pada puisi buatannya sendiri. Lalu pak Taufik Ismail sambil tersipu menjawab Continue reading

Be Careful What You Wish..


Image

Be Careful What You Wish, because it’ll come true.

Sering denger kata-kata di atas kan? Saya kurang tahu persis apakah kata-kata itu proverb atau lirik lagu (maaf, saya sedang tak sempat surfing di google :p).
Baru saja saya dikasih hadiah, semacam oleh-oleh dari Mba Ira, sebuah dompet mungil kerajinan tangan Samarinda. Beberapa minggu ini, saya memang sedang mengidamkan dompet kecil buat nyimpen ongkos dan uang receh buat transport sehari-hari. Sangat ngidamnya, sampai mupeng Continue reading

Neraka dari “Manajemen Musyrik”


Manufacturing hope ala pak dahlan iskan tidak hanya berlaku untuk industri BUMN. Tapi juga kehidupan kitanya (saya:red). iyo opo iyo?
Satu lagi pilihan diksi pak menteri yang berhasil menarik mata saya adalah “Manajemen Musyrik”. What a word. Keep writing sir 🙂

Catatan Dahlan Iskan

Manufacturing Hope 2
Minggu, 27 November 2011

Manufacturing hope tentu juga harus dilakukan untuk bandara-bandara kita. Selain mencarikan jalan keluar untuk hotel-hotel yang ada di Bali, selama mengikuti KTT ASEAN saya berkunjung ke pelabuhan perikanan Benoa, melihat aset-aset BUMN yang tidak produktif di Bali dan diajak melihat proyek Bandara Ngurah Rai yang baru.

Tanpa dilakukan survei pun semua orang sudah tahu betapa tidak memuaskannya Bandara Internasional Ngurah Rai itu. Semua orang ngomel, mencela, dan mencaci maki sesaknya, ruwetnya, dan buruknya. Bandara itu memang tidak mampu menanggung beban yang sudah empat kali lebih besar daripada kapasitasnya.

Memang, PT Angkasapura I, BUMN yang mengelola bandara tersebut, sudah mulai membangun terminal yang baru. Tapi, terminal baru itu baru akan selesai paling cepat dua tahun lagi.

Berarti selama dua tahun ke depan keluhan dari publik masih akan sangat nyaring. Bahkan, keluhan itu akan bertambah-tambah karena di lokasi yang sama bakal banyak kesibukan proyek. Bongkar…

View original post 1,188 more words

Sekali lagi, dan Seterusnya


Tertinggal hangat dekapmu di hari ini.
Aku bahagia.
Sekian masa kuhadapkan tubuhku.
Aku tenggelam lupa.
Bahwa ada pundakmu di dekatku.
Yang sedia cinta menampung seluruh citarasa jiwa tubuhku.
Aku mau sekali lagi.
Dan untuk seterusnya, hingga dipisahi oleh malaikatnya Ilahi.

Credit : ibuku

Pernikahan Putra Presiden


Saat ini di televisi nasional republik Indonesia sedang disiarkan acara pernikahan putra presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Edhie Baskoro Yudhoyono aka Ibas) dengan putri mentri Menko Perekonomian Hatta Rajasa (Rubi Aliya Rajasa). Karena ada televisi di ruangan ini, maka kami bisa menontonnya hehe. Mahar yang diberikan oleh putra presiden ini adalah koin emas seberat 100 gram dan seperangkat alat sholat. Saat tulisan ini dibuat, adalah saat dimana prosesi akad berlangsung. Terus terang Continue reading